Laman

Tonggak

Minggu, 08 Oktober 2017

Tengsoe Tjahjono: MEDITASI KIMCHI


Data buku kumpulan puisi

Judul : Meditasi Kimchi, Kitab Puisi tentang Korea
Penulis : Tengsoe Tjahjono
Cetakan : I, Januari 2016
Penerbit : kerjasama Pelangi Sastra Malang,
Kafe Pustaka Malang dan Universitas Negeri Malang
Tebal : xviii + 107 halaman (70 puisi)
ISBN : 978-602-73516-3-9
Perancang sampul : R Giryadi
Penata letak : SatuKata Book@art Publishing
Ilustrasi : Andi Harisman, Christyan AS, Maruto Septriono
Epilog : Yusri Fajar

Beberapa pilihan puisi Tengsoe Tjahjono dalam Meditasi Kimchi

Gamcheon Culture Village

Atap warna-warni
Mozaik daun dan musim
Membuat mataku terjaga
Meredam mimpi dari badai
Pasir, kerikil, atau batu-batu
Datang dari laut yang sama
Menetaskan harmoni
Bagi semesta
Adakah yang lebih indah dari keragaman
Kecuali kedunguan. Memulas langit dengan warna kuning,
laut kuning, gunung kuning, lembah kuning, udara kuning
Lalu di mana akan kamu letakkan warna darah dan jantung
Juga matamu yang kelabu
Atap warna-warni tenggelam dalam lensa
“Jangan kamu hapus file itu
Sebelum lengket di jantungmu yang payah
Tak bisa bedakan mana darah mana nanah
Mana pedang mana mata pena
Mana anjing mana serigala,” hardik kamera
pada tanganku yang menggigil
ketika negeriku diserbu hujan batu
pelan-pelan kubuka file itu
atap warna-warni meneteskan air
dari kepundan matanya

Coex Samseong, 211015


Di Katedral Myongdong

Semua anonim
Kecuali Kamu
Tuhan



Banpo Moonlight Rainbow Fountain

ada jembatan. siapa bilang hanya kendaraan lalu-lalang sebab puisi
juga terjaga antara tulang-tulang baja. “Akan kutunjukkan air
mengucur warna-warni dari bibir yang menawan, tetapi selalu
beku sejak dari jantungku.”

kamu pasti tidak percaya bahwa orang-orang menunggu.
menunggu air yang mengucur dari bibir dan musik yang mengalun,
lalu mereka pasti menerka-nerka dari mana asalnya. sebab langit
tidak menyediakan gerimis apalagi sangkakala

di sini hanya ada sungai Han. panjang dan luas. Jembatan Banpo
tetap saja memiliki siang dan malamnya, juga deru angin dari
ujung ke ujung. serta puisi yang masih seperti dulu mengucurkan
air warna-warni dari bibirnya yang tak mungkin dicium

di sisi sungai, cahaya tak bisa lagi berbagi

Seoul, 30 Agustus 2014


Memaknai Payung

                                    *demsi danial

bukan payung yang dibutuhkan ketika hujan jatuh, namun
cara berteduh. begitu kata senja kepada murung
ketika langit dekat kepada mendung. jelas itu bukan
perselingkuhan, sebab kedekatan itu telah dirancang
waktu. seperti batu dan luka betapa dekatnya. seperti hidup
dan maut begitu akrabnya.

kau pun pasti bertanya tentang cara berteduh. sambil
memindahkan payung jauh-jauh. tampias dan kepala basah.
gigil tubuh dan getar bibir. air mengalir mencari liang,
menitipkan pesan: nikmatilah. ia pun merasakan pipa-pipa
mengalirkan dingin, merambat ke sumsum dan tulang. ia
mencoba memisahkan matahari dari siang, dari malam

dengan terguyur dia pun terlindung dari rasa dingin yang
mual. gerak air selancar nafas mengalir. daki dan debu
menemukan muara dimana angin menebarkannya jadi
rabuk bagi hutan yang tak henti bertunas di kedua bahu
dan punggung. begitulah ia, semakin tahu cara berteduh,
semakin ngerti hakikat langit dan mendung

bukan payung yang dibutuhkan ketika hujan runtuh, tapi
penampang tubuh yang sabar yang senantiasa menjadi
rawa-rawa bagi kepiting, bakau, ular, dan akar tunjang.
bukankah luka itu niscaya sebagaimana bumi itu
penjara namun tak henti disetubuhi hingga lahir hutan di
kedua bahu dan punggung. lalu segala buah menemukan
kelelawar, tupai, dan burung-burung, sebelum berguguran
membangun pohon-pohon baru.

di bawah hujan jatuh
begitulah ia berteduh

seoul, 20 oktober 2014


Hongdae Street

Kau titipkan kepala pada pelukis wajah
Petikan gitar mencuri senja abu-abu
Di panggung-panggung kecil
Ayo, menari, katamu
Ah, aku telah berubah jadi merpati
Di tangan pesulap tampan


Dongeng dari Amsadong

Jejak ini mengantarkanmu ke rumah jerami, piramida
pendek beralas tanah. Pintunya selalu terbuka seperti
menyilakan siapa saja untuk bertamu. Pintu itu jelas tidak
memiliki maksud apa-apa, apalagi menjebakmu. Di hatinya
hanya ada ruang terbuka agar kau bebas berbincang dengan
siapa saja. Lebih-lebih dengan pikiranmu yang akhir-akhir
ini sering kacau

Kenapa tanganmu disergap kapak batu? Menghindarlah.
Berkelit dan pasanglah kuda-kuda untuk melawan.
Bukankah pernah kau lawan ular saat kau bermain di
pematang sawah belakang rumah. Ular yang melesat dari
rimbun kangkung, kau tangkap dengan sigap. Kepalanya
remuk hanya oleh satu injakan

Bumi memang congkak semenjak Adam tergoda membaca
kitab kebajikan. Dan, itu bukan sebiji apel yang selama ini
didongengkan para pelipur lara. Walau sebagian benar saat
ular-ular menjelma jadi siur rambut perempuan. Kau lalu
terpancing membelainya. Aha, tentu kau masih ingat kisah
selanjutnya. Kalian saling telanjang menghitung ribuan
pohon bertumbuhan di perut dan dada. Dan, ular terlambat
kau tikam, melata sampai pada ujung jendela

Sekarang pilihlah ending yang mana: gerutu kapak batu
atau desis ular pada saku celana

Seoul, 10 September 2014


Desember dalam Semangkuk Bulgogi

kupesan bulgogi. salju mengapur jendela. hari kemarin
mendidih di antara serpihan daging dan sayur mayur. tapak
jejak mengabur, terbuka untuk dibaca. monitor 1000 inci
diserbu perca-perca peristiwa, tautan-tautan yang mesti
dirunut muaranya

kuah pedas, menipiskan air mata. hanya bibir sedikit
terbakar, tanpa kata. lalu desember pelan mengelupas
seperti kulit bawang.
sebelum dirajang di meja dapur. mengurai kenangan asin-
masam

musim-musim menyisakan suhu di tubuh dan taman.
bunga-daun-ranting saling menyusul berebut pijar matahari
dan kecipak sungai.
masing-masing suapan terasa seperti kata-kata dalam kitab
suci. datanglah padaku yang letih-lesu. pada salju sepatu
pun belajar perkasa dan berlari

desember selalu ditunggu dan ditinggalkan lalu. pesta
yang menyisakan piring dan gelas. meja dengan tumpahan
weski dan remah roti. di bawah guguran salju mata siapa
terpejam. melupakan bulgogi yang perlahan mendingin

desember menjadi bubur. sesampai di mulut, lidahmu terasa
asing.

Seoul, 31 Desember 2014


Meditasi Kimchi

Selalu kutemukan musim dalam semangkuk kimchi. Salju
pun mengirimkan kisah rapuh dari jauh. Masam, semasam-
masamnya, hingga lambung memanggil-manggil nama-
Mu kala jiwa terperangkap gerbong yang tak pernah menemu
setasiun

juga matahari dan gerimis malam hari. Memindahkan
kimchi ke ruang-ruang pribadi percakapan yang tak kunjung
usai. Bukankah kita selalu bergegas gelisah yang tak
kunjung sudah

belanga kimchi dikubur dalam tanah. Di luar, langit beku.
Itulah keheningan, bisikmu.
Serba menjauh dari riuh, berjumpa asam, seasam-asamnya
semakin dicecap, semakin dalam nemu hakikat

dalam kimchi kan kau temui sawi, irisan bawang, cabe
merah, garam, dan gugusan waktu.
Adonan musim diaduk dalam mangkuk. Siapa terbatuk-
batuk tersedak tajam cuaca
Semua mengigil di ruang tengah, pemanas telah lama mati.
Bukankah begitu alasanku?

Hidangan di meja tak sempurna tanpa kimchi. Musim yang
tergelar siang-malam menyajikan narasi pohon-pohon, daun-
daun bertimbun di kaki
“Mat-itkae duseyo!”  – “Selamat makan!” begitulah kira-kira
maksud-Mu.

Seoul, 14 Maret 2014


Tapak Sepanjang Tembok  Kota Seoul

Tapak menegak di gigil Naksan. Kota menyala kunang-
kunang. Matahari tergelincir, ditanam ribuan gedung

tapak pertempuran dicatet selalu. Sepotong musim silih
berganti bertandang di ruang tamu. Mengirimkan berita dan
pergunjingan, remah-remah bunga dan daun gugur di tanah
kering

di sepanjang tembok tertempel wajahmu, juga wajahku
senja melabur kota, kelabu cuma

10 April 2014


10.000 Langkah, Kata Lupa kepada Ingat
                                    Bagi Lim Kim Hui

Ini jejak ke berapa, begitu kata lupa kepada ingat. Pada jejak
ke sekian berikan tanda pada selamat tinggal, atau selamat
jalan. Masih jauh pegunungan Bugaksan, walau dari sudut
ini indah dipandang

Raja Sejong berselimut angin, matanya masih
memandangmu. Mungkin sedang mengukur kadar setia
untuk kata-kata yang sudah kau ucapkan.
Bahkan jumlah jejak yang tak boleh menyerah pada kalah

Mungkin lupa lebih bijak ketimbang mengingat. Hanya
pada 10.000 langkah di tepi kali Cheonggyecheon tetap kan
kauingat ikan-ikan yang berenangan di jernih air, merpati
yang terbang di sisi-sisi, dari jembatan Beodeul hingga
Mojeongyo, kembang yang bermekaran di musim semi,
tembok-tembok penuh grafiti

(semakin mau melupa, semakin mengingat pula)

Ini jejak ke berapa, kata ingat kepada lupa. Tikungan, lampu
merah, zebra cross, polisi, apartemen dan perkantoran bisa
jadi telah kau lupa berapa jumlah dan bentuknya. Lukisan
dan puisi di pilar jembatan selalu melintaskan baris dan warna
: pesannya tak bisa terhapus oleh cuaca

Baiklah, kita lanjutkan jejak
Walau 10.000 sudah.

Seoul, 22 Maret 2014


Suwon, 3 Oktober 2014

seperti pada umumnya kota aku selalu memulainya dari
stasiun, elevator, tiket, dan keluar pada pintu berapa. dan
ini pintu 56, tak gampang aku menemukannya. seperti
bermain petak-umpet, kupejamkan mataku menghadap
dinding, lalu kau menghilang begitu rupa. sampai hitungan
tak terhingga tak juga kujumpa-jumpa

kau: mungkin semacam cita-cita yang kubayangkan sejak
aku dalam kandungan. 12 x 56 purnama silam. ha, pasti kau
curiga, janin mana bisa meniupkan sangkakala lalu lahir
dengan jejak yang sudah dirancang sejak mula.

memang aku tak lahir di palungan, apalagi diterangi
bintang-gemintang dan seruling gembala. sebab aku
memang bukan ditakdirkan jadi raja, jadi penyair pun hanya
ala kadarnya

kau: mungkin sejenis wabah yang menyarangkan virus
pejalan ke dalam darah. dan hari ini sudah 56 milyar
langkah sejak kutapaki jalan di depan stasiun ketika udara


mulai mendingin menyambut musim gugur. satu dua daun
mapel berjatuhan di depan sepatuku, sepatu yang sudah tak
mampu lagi memamerkan warna. ini persimpangan

yang kesekian, tikungan ke sekian, tanjakan kesekian,
sebelum tiba di Hwaseong Haenggung, istana sementara

kau: mungkin sejenis benteng dari sebuah kubu pertahanan.
tembok sepanjang 5,6 kilometer. cuma lawan datang
dari udara, ribuan elang bermata bara bercakar pisau
mendorongku ke pojok gerbang. akulah rongsokan tak
berdaya? pencuri yang tersalib di kiri atau di kanan padahal
ini bukan kalvari atau golgota. sebab pintu kenisah tak serta
merta terbelah jadi dua.

kau: mungkin sejenis orang yang berucap bahwa di rumah
bapaku kusiapkan ruang tidur untukmu. kamar hangat,
selimut bulu, jendela yang terbuka sendiri mengirimkan
musim gugur atau semi. ah, aku masih ingat bagaimana kau
membersihkan kakiku dari debu jalan dan kuman. sebelum
aku kau persilakan menikmati cuaca di jalan-jalan Suwon

seperti pada umumnya kota aku selalu pergi atau kembali
melalui stasiun, elevator, tiket, dan keluar-masuk pada
pintu berapa. dan yang selalu kulupa bahwa aku harus
makan. gimbab, bulgogi, atau kimchi. ah, ya, daging,
sayuran dan segelas air dingin. lupa bahwa perjalanan
memerlukan tenaga agar tempurung lutut tak terasa ngilu
sebagaimana dirasa orang-orang tua, atau pingsan di tangga
keluar

kau: mungkin sejenis awan yang mengirimkan hujan. lalu
lihatlah aku telanjang di bawah guyuran. dan di seberang
jalan yohanes pemandi berseru itulah anak domba yang dulu
nyaris hilang. sambil dicukurnya bulu-bulu. tubuhnya basah
tentu.

(selalu saja tiket tertinggal di saku padahal kereta terakhir
tak mau menunggu)

Seoul, 4 oktober 2014


Dramaturgi Soju

Adegan pertama:
Ia bermula dari beras, kentang, ubi manis, gandum yang
dicangkul dari ladang-ladang mencairkan beku di jantung
malam. Sisa dari perjalanan menjejaki elevator, subway,
dan gerbong-gerbong kereta. Ju Young, aku terlambat
pulang. Ada kedai menunggu seperti waktu mengharap letih
berlalu

ada hidup dalam botol sewarna rumput. Sungguh, tak ia
kenal maut. Bening ia, cermin berkilau bergambar wajahku.
Mungkin juga rupa mereka. Persimpangan, jalan raya, dan
perbukitan menjalar di penampang tubuh. Sungai Han yang
luas melintasi kujur badan

“Tidak mungkin kuteguk sendiri ia. Tak kan bisa.”

Adegan kedua:

Di luar menggigillah udara. Pekat dan gelap. Lampu-lampu
tidak sampai pada serambi
Cahyanya tertinggal dalam ceruk hidup yang kalut.
“Bukankah kita sahabat?” Sekali teguk, terbakarlah
sumpah-serapah dari jalan antah-berantah. Masih setengah.
Separoh malam tak kunjung limbung

Ju Young, tutup saja pintu. Pada larut aku masih ngayuh
perahu di sungai menuju gerbang
Rainbow Bridge. Lampu-lampu jalan  mulai bergoyang. Kami
pun saling bersandar
“Nyanyianmu parau. Sumbang. Pada pagi jangan sekali-kali
tumbang.”

Kepala dan dada betapa membaranya

Adegan ketiga:
Gelas telah kosong. Tuangkan. Gelas telah terisi. Teguklah.
Gelas. Jemari. Siku. Mata. Lidah. Rasakan panas menjalar
pada kelenjar. Kisahkan pekerjaan-pekerjaan yang tertunda
di meja pertengkaran-pertengkaran di jalan-jalan, mantel
bulu yang tertinggal entah dimana

Ju Young, aku pulang
Bukakan pintu
Mulutku selalu bau

Adegan keempat:
Siapa kamu
                                    Wajahmu begitu asing
                                                            telah keliru kau pilih pintu

Seoul, 15 Maret 2014


HAN

Memandangmu seperti terhanyut pada alir. Dadamu luas
mengusung perahu ke lubuk hijau. Rahasia apa yang berpusar
di dasar, denyut nadi tak pernah sampai

Semua mengapung ke hilir, melintasi puluhan jembatan
lampu-lampu menyala ketika malam. Rahasia apa yang
menguntit para pejalan, terantuk kafe dan semulut cerita

Hidup ialah perbincangan tanpa habis. Dibungkus cuaca
dalam genggam beku. “Sudah aku kenakan jaket,
tapi angin begitu dingin, menerbang dari daratan Cina.”

Dan, air masih menyimpan rahasianya. Ikan-ikan berkumpul
di kecipak umpan, menyongsong waktu yang tak terpahami
Antara undangan dan ancaman mengirimkan sinyal sama

Sungguh, larut aku dalam hanyut. Menebak-nebak jejak
timbul tenggelam pada lubuk, pada ombak.

Seoul, 13 April 2014


Dalam Gelas Ada Gelas Ada Gelas Ada Gelas

Selaut soju berdebur dalam gelas. Perahu limbung menikam Jeju
Sebab angin mendidih pada jantung, tak bisa berpeluk pulau
Batu karang dan bukit-bukit sewarna empela merobek-robek waktu
Lewat irisan melintang
Seperti kata yang kau tulis dengan akhiran seribu pentung

“Ayo. Ayo. Ayo!” gegap para penumpang goyang. Tangannya
meninju udara. Gelas berdenting bertaburan api beling,
mendidihkan laut di mata yang letih dan putus asa. Seperti
masuk ke lorong mimpi, dijumpainya gelas asing berisi
lanskap kota serba biru

di trotoar baju-baju meninggalkan jejak parfum. Wajah
pagi hanya tahu nafas hari ini, nafas esok mana peduli.
Berciuman di tangga subway melukis surga di tubuh dan
bibir. Kisah romantik berpelantingan dari layar kaca
dikunyah pikiran hampa

musim bunga yang panjang hanyalah botol-botol soju yang
berserak di kolong meja. Bangunlah, jangan kau tabrak
semua pejalan. Ini trotoar, berpeluklah di taman atau
di ranjang, atau dalam gelas sesak bintang-gemintang.
Berjalan dalam lambaian dan langkah ringan.

sepanjang Cheongyecheon Stream lampu memekik di kiri-
kanan. Kau biarkan hatimu mengapung dari hulu ke hilir,
melewati jembatan-jembatan dan graffiti di tembok-tembok.
Burung-burung terbang, sayapnya mengiris alir
                        -Kau memotret gelisah yang tak tampak
pada jejak hutan menuju Bugaksan, dalam gelas berbibir
belimbing. Jalan beralas sabut menuju ujung sepenuh kabut.

Matahari di puncak, hanya samar dikurung rimba raya. Kau
pun terpenjara dalam sel gelas, pada ruang sepenuh soju.
      -Ini laut, perahu diserang angin buritan, muntah kau
di geladak licin dan basah.

Pada gelas pungkasan, sudah tak kutemukan  tapak.
Di kafe itu, di mejamu, masih kuingat puisi tentang gelas
yang tak bisa binasa, katamu ketika itu.

Seoul, 17 Mei 2014


Teratai di Pulau Nami

memandang teratai, memandang danau dengan riuh hutan
yang menenggelam tanpa meninggalkan bayang-bayang
“Ia tak kenal musim,” bisikmu. Ia hanya tahu angin yang berhembus
kadang panas kadang sejuk kadang kering kadang basah
kadang menandai bangku dengan air mata
yang terguling di penampang teratai, entah pada mahkota
bunga atau pada luas daun yang biru

memandang teratai, merasakan sepi yang abadi
seperti Nami yang hanya memiliki satu dermaga dan
satu kisah yang sengaja dicipta, lalu dijual
“Lihatlah, orang berbondong datang membawa tanya
di setiap tas dan hatinya.” Tidaklah mereka pula bertanya
tentang teratai yang tak mengenal musim, juga bangku-bangku
yang dihiasi air mata dan percakapan sementara

memandang teratai, lemah dan perkasa bersanding di bawah
rimbun awan dan bencana, dikemul air dan udara.
Isyarat-isyarat itu mendesir dalam jantung, dikurung teka-teki cuaca
“Tangkainya bergoyang memanggilmu. Mendekatlah.”
Pasti telah kamu dengar bisikannya. Pasti kamu
mengingatnya.
Untuk yang tak abadi.

Seoul, 27 Agustus 2014


Pegunungan Kumgang Suatu Hari

Tae, aku tiba, setelah 6 dasawarsa dikurung musim
ditindih rindu menahun, saat salju deras turun
menyelimuti Kumgang, mengemuli gelisah yang merambat
di tulang-tulang tuaku

Tae, di peristirahatan penuh gigil ini
Aku ingin memelukmu seperti 60 tahun lalu
Di ladang kanola yang menguning di matamu
Lalu singgah di kening sore

Tae, lihatlah, aku bersama ratusan orang
Mencari tulang yang hilang dikocok perang
Menjadi adonan kimchi yang diperam di gentong-gentong musim
Tak tega aku memandang

Foto-foto using tanpa bingkai mencoklat dalam rabun pandangan
Perahu-perahu melintasi Han menerobos masa lalu
Nama, wajah, dan kisah sudah dikubur di bukit-bukit
Di tanah yang tak bisa mereka saling ziarahi

Kekallah air mata, bulir-bulir duka yang lahir oleh perang
Diciumi foto-foto tua, dikenangnya saat-saat bersama
Bunga-bunga ilalang lunglai di atas kepala
Mahkota memucat antara kecemasan dan harapan

‘selamat berpisah’ bergetar pada bibir
Sebab pada usia yang begitu subuh
Esok tak tahu kemana perahu jiwa kan dikayuh
Bisa saja ke langit, rumah abadi

Tae, di mana kamu
Mungkinkah tak lagi kukenali
runcing hidung dan kelabu mata
Pelukan terakhir saat bencana itu tiba

Tae, aku di sini
Ingin membacakan kisah jantung
Yang selalu berdebur sepanjang 60 tahun
Mencari jalan bertemu

Tae, datanglah
Dalam balutan hanbok sewarna azalea
Di hutan-hutan yang pernah kita lalui
Menapaki jalan berliku di bukit-bukit mimpi

Tae, pandanglah
Lelakimu ini didorong kursi roda
Dengan syal membalut leher
Mencoba keberuntungan di detik-detik akhir

Di luar salju deras mengguyur
teruslah berpeluk, mendekatkan Imjingang
Menciumi foto-foto usang, air mata membasah tumpah
Mengirimkan kawat tajam ke pembuluh darah

Aku pun terus menunggu
Lenggang bidadari dari hiruk kerumunan
Meja-meja panjang penuh bingkisan
Pernik-pernik kenangan yang mencoklat oleh masa

Aku pun terus menunggu
Tae Myung-Soon cintaku dulu dan nanti
Sebelum ajal menjemput
Langit menanti

“Pak Woo Dong-Bin, ada surat untukmu.”
Seorang berseragam menyodorkan selembar kertas
Tanpa sampul, gigil telanjang
Serdadu-serdadu di jantung meniup terompet perang

Oppa, maafkan aku. Di Hwangdae aku dikurung Parkinson
Pohon-pohon bergetar, pintu-pintu bergetar
Jalan bersalju bergetar. Terbaring aku di ranjang
Menunggumu di langit ke tujuh. Rumah kita.

Entah
inikah detik terakhir
Sebelum benteng perang bisa dirobohkan

1 Mei 2015
Setelah kunjunganku ke Odusan Unification Observatory


Tentang Tengsoe Tjahjono
Tengsoe Tjahjono lahir di Jember, 3 Oktober 1958. Pendidikan S1, S2 dan S3 diselesaikan di IKIP Malang (sekarang Universitas Negeri Malang). Tenaga akademis di FBS Universitas Negeri Surabaya. Menulis puisi, novel, cerita pendek, naskah drama, esai. Novelnya: Di Simpang Jalan. Tulisannya tersebar di berbagai media massa dan antologi bersama. Mendapat penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai Seniman Berprestasi (2012). Sejak tahun 2014 hingga sekarang menjadi dosen tamu di Hankuk University of Foreign Studies Seoul Korea Selatan.


Catatan Lain
Setelah menulis ucapan terima kasih sepanjang 3 halaman di bagian awal buku, penulis juga menurunkan tulisan yang berjudul: Korea dan Puisi (hlm. ix-xiii). Kata Tengsoe: “Puisi tidak hanya saya jumpai di dinding-dinding subway, juga saya lihat di taman-taman yang ada di kota Seoul. Biasanya puisi-puisi itu ditatah di batu, menjadi semacam prasasti. Puisi di Korea tidak hanya tersimpan di buku-buku puisi, namun ditemukan pula di ruang pbulik yang berada di banyak tempat.//Puisi bagi masyarakat Korea telah menjadi sebuah cermin. Yi Sang, seorang penyair modern Korea, menulis bahwa dalam cermin tak ada suara, dunia yang sangat tenang. Puisi Korea memang tak terkesan gaduh, namun mengandung pesan moral yang indah, yang berkaitan dengan bagaimana manusia berelasi dengan lingkungan alam, budaya dan manusia. Begitu dekatnya puisi dengan alam dan budaya Korea sehingga penyair Pak Tujin menulis bahwa burung-burung pun membacakan puisi di langit dari buku puisi yang terbentang terbuka, yang berisi tentang suka atau duka manusia, yang membuat manusia berbinar-binar mata jiwanya, keindahan tiada tara.” (hlm. x).
Yusri Fajar menulis epilog yang berjudul: Tradisi dan Sejarah Negeri Gingseng dalam “Meditasi Kimchi” (hlm. 93-104).  
Di lipatan sampul depan ada tulisan kecil, berbunyi begini:

KIMCHI

begitulah cara sederhana
mencatat waktu kemarin
abadi

di meja makan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar