Data buku kumpulan puisi
Judul : Parikan – Pantun
Jawa, Puisi Abadi
Penulis : Koesalah Soebagyo Toer
Cetakan : I, 2011
Penerbit : Felizs Books,
Jakarta
Tebal : 214 halaman (808
parikan)
ISBN : 978-602-96135-2-0
Tata letak : Dian Andiani
Desain sampul : A. B. Oscar
Marinnas
Parikan yang termuat dalam
buku ini dikumpulkan tahun 1980, diikuti updating ala kadarnya, hasil dari
mendengarkan dan bertanya. Dilakukan di Jakarta yang bukan wilayah berbahasa
Jawa, tapi banyak dihuni orang Jawa. Parikan diberikan oleh orang-orang dari
Surabaya, Gresik, Mojokerto, Madiun, Jember, Banyuwangi, Bojonegoro, Ngawi,
Surakarta, Yogyakarta, Klaten, Purworejo, Karanganyar, Blora, dan Semarang.
(halaman 11)
Buku ini terbagi atas dua bagian, yaitu
bagian pertama, parikan tunggal (398 parikan) dan bagian kedua, parikan
ganda (410 parikan).
Beberapa pilihan Parikan (Pantun Jawa)
yang dihimpun Koesalah Soebagyo Toer dalam Parikan–Pantun
Jawa, Puisi Abadi
Ngina
Ojo lunga ojok ngelampra,
Banjarmasin akeh ulane;
Ojok ngina sak-padha-padha,
Sugih miskin wis ganjarane.
Jangan
pergi jangan mengembara
Di
Banjarmasin banyak ularnya;
Jangan
menghina sesama manusia,
Kaya dan
miskin sudah takdirnya.
Dak-kandhani
Wetan kali kulon kali,
Arep nyabrang gak ana wote;
Biyen mula dak-kandhani,
Wong berjuang abot sanggane.
Di timur sungai di barat sungai,
Mau nyeberang tak ada jembatannya;
Dari dulu sudah kuberitahu,
Orang berjuang berat tanggung jawabnya.
Benjing
Esuk enjing sore sonten,
Nandur tela dipun guluti;
Kula benjing ndherek sinten,
Sudulur sing jawa kula tumuti.
Pagi enjing, sore sonten,
Tanam singkong di atas gulutan;
Saya besok ikut siapa,
Ikut Saudara yang pengertian yang aku
ikuti.
Semaya
Gathutkaca Pringgandani,
Ana Petruk irunge dawa;
Nek semaya ojok mblenjani,
Nik kepethuk nang ati lara.
Gatutkaca dari Pringgandani,
Ada Petruk panjang hidungnya;
Janganlah langgar kalau berjanji,
Kalau bertemu di hati luka.
Wirang
Sapa duwe sabuk lulang,
Tak-tukune selikur ece;
Sapa bisa nutupi wiring,
Tak-aku sedulurku dhewe.
Siapa punya sabuk kulit,
Biar dua satu ketip kubeli;
Siapa bisa menutupi aib,
Biar kuaku sanak sendiri.
Purik
Pitik cilik aja dikurung,
Nek dikurung metu jalune;
Wong purik aja ditulung,
Nek ditulung metu atine.
Anak ayam jangan dikurung,
Kalau dikurung keluar tajinya;
Orang ngambek jangan ditulung,
Kalau ditulung besar hatinya.
Kliwat
Liwat ae gak gelem mampir,
Kasur pandhan arane klasa;
Kliwat saking nggonku mikir,
Saking pena sing gak rumangsa.
Lewat saja tak mau mampir,
Kasur pandan tikar namanya;
Setengah mati aku mikirin,
Engkau saja yang tak merasa.
Ayu
Birua kaya mangsi,
Gedhang ijo gak ana isine;
Ayua kaya putri,
Gak duwe bojo gak ana ajine.
Meskipun sebiru tinta,
Pisang hijau tak ada isinya;
Cantik apa pun seperti putri,
Tanpa suami tak ada gunanya.
Iki kayu kayune sepur,
Ilang sepure kari endhase;
Iki ayu ayune pupur,
Ilang pupure kari kadhase.
Ini kayu, kayunya kereta,
Hilang gerbongnya tinggal lokomotifnya;
Ini cantik karena bedak,
Hilang bedaknya kelihatan kadasnya.
Nggak turu nggak melek,
Ngglundhung ngisore asem;
Nggak ayu nggak elek,
Luthung nggo tamba adhem.
Tidak tidur tidak juga melek,
Rebahan di bawah pohon asam;
Tidak cantik tidak juga jelek,
Lumayanlah daripada tidak sama sekali.
Njaluk
Jeruk ya jeruk,
Ning aja diirisi;
Njaluk ya njaluk,
Ning aja karo nangisi.
Jeruk, ya bolehlah,
Tapi jangan pula diiris;
Minta, ya bolehlah,
Tapi jangan sambil menangis
Tawar
Awar-awar godhonge jati,
Godhong kluwih diiris rata;
Sapa tawar rasane ati,
Nek digawe sak-mata-mata.
Awar-awar daun jati,
Daun keluwih diiris rata;
Siapa bisa menahan hati,
Diperlakukan semena-mena.
Landa
Kacamata ilang kacane,
Tuku wajik ning Semarang;
Melu Landa cilaka dadine,
Luwih becik melu berjuang.
Kacamata hilang matanya,
Beli wajik di Semarang;
Ikut Belanda celaka jadinya,
Lebih baik ikut berjuang.
Kuning
Kunir kuning temu ireng,
Temu lawak jamu galian;
Lencir kuning dhasar ngganteng,
Kapan awak jajar lenggahan.
Kunyit kuning dan temu hitam,
Temu lawak jamu galian;
Kuning semampai dasar tampan,
Kapan kubisa duduk berdampingan.
Nurut
Garut gak kurang garut,
Ganjarane dari Kanjeng Gusti;
Nurut tak kurang nurut,
Bayarane ora nyukupi.
Garut tak kurang garut,
Ganjaran dari Kanjeng Gusti;
Nurut tak kurang nurut,
Hanya gaji yang tak mencukupi.
Kesusu
Nganggo kethu kalungan sarong,
Purwodadi sing kuthane;
Aja kesusu percaya uwong,
Sing dadi rak nyatane.
Memakai pici berkalung sarung,
Puwodadi tengah kotanya;
Jangan terburu percaya dengan orang,
Yang penting kenyataannya.
Bojo
Tekek ijo arane bunglon,
Kidang telu mainane bilyar;
Golek bojo enake alon-alon,
Timbang kleru sing gedhene sak-pasar.
Tokek warna hijau namanya bunglon,
Kijang tiga mainannya bilyar;
Cari istri lebih baik perlahan-lahan,
Daripada keliru dapat yang sebesar
pasar.
Tali
Banyu mili kena tak-bendung
Tak-jajagi mung sak-dhadha;
Pedhot tali kena tak-sambung,
Pedhot tresna katon ing mata.
Air mengalir dapat kubendung,
Kuukur hanya sebatas dada;
Putus tali dapat kusambung,
Putus cinta tampak selalu di mata.
Urip
Wayah magrib lampune mati,
Lampu-lampu ndang isenana;
Nik wong urip bakale mati,
Limang waktu lakonana.
Waktu magrib lampunya mati,
Lampu-lampu isi minyaklah;
Orang hidu bakalnya mati,
Lima waktu jalanilah.
Uwong
Orong-orong neng ngisor kedhondhong,
Omah gedhek dirangkep kepang;
Dadi uwong aja sombong,
Yen kepepet aja utang.
Orong-orong bawah kedondong,
Rumah bambu dirangkap kepang;
Jadi orang jangan sok sombong,
Kalau terjepit jangan berhutang.
Sengit
Langit ya langit,
Ning aja dhuwur-dhuwur;
Sengit ya sengit,
Ning aja kebanjur-banjur.
Langit boleh saja,
Tapi jangan terlalu tinggi;
Benci boleh saja,
Tapi jangan sampai terlanjur-lanjur.
Ngrasa
Kacarasa kaca pengilon,
Kaca bening digawe cendhela;
Sapa ngrasa sapa sing takon,
Manungsa kudu eling sing nggawe nyawa
Kacarasa kaca cermin
Kaca bening dibuat jendela;
Siapa merasa, dia yang bertanya,
Manusia harus ingat dengan Yang Kuasa
PARIKAN TUNGGAL
Nipon
Bekupon omahe dara,
Melu Nipon tambah sara.
Bekupon nama rumahnya dara,
Ikut Nipon bertambah sengsara.
(konon karya Cak Durasim)
Macaka
Udana sing deres,
Macaka sing pantes.
Hujanlah yang deras,
Bersoleklah yang pantas.
Rindhu
Kembang randu megare sore,
Aku rindhu karo kowe.
Kembang
randu sore hari mekar,
Aku rindu denganmu.
Kebacut
Pecut diseblakake,
Wis kebacut arep dikapakake.
Cambuk dibunyikan,
Sudah terlanjur mau diapakan?
Makmur
Dalan sepur dilumpati,
Pengin makmur transmigrasi.
Jalan kereta dilompati,
Ingin makmur transmigrasi.
Klakon
Pasar Pon ning kutha Sala,
Yen ora klakon aja gela.
Pasar Pon di kota Solo,
Kalau tak jadi jangan kecewa.
Tobat
Mangan kupat lawuhe tahu,
Kula tobat turun pitu.
Makan ketupat lauknya tahu,
Saya bertobat tujuh turunan.
Nyawang
Bisa gambang ora bisa gender,
Bisa nyawang ora bisa jejer.
Bisa main gambang tak bisa main gender,
Bisa memandang tak bisa berjejer.
Mekangkang
Kembang kacang kembang kedhele,
Turu mekangkang ketok wudele.
Bunga kacang bunga kedele,
Tidur mengangkang kelihatan pusarnya.
Keblegong
Gong ora bisa muni,
Keblegong ora bisa tangi.
Gong tak bisa bersuara
Terperosok bangun tak bisa.
Bingar
Kembang mawar ganda arum ngambar-ambar,
Ati bingar aja mung yen nampa bayar.
Bunga mawar baunya harum semerbak,
Hati senang jangan hanya waktu terima
gaji.
Abot
Rokok klobot weton Semarang,
Gaweyane abot mangane kurang.
Rokok kelobot dari Semarang,
Pekerjaan berat makannya kurang.
Begadhang
Kembang gedhang dipangan sapi,
Tinimbang begadhang aluwung ngaji.
Bunga pisang dimakan sapi,
Daripada bergadang lebih baik ngaji.
Entheng
Omah gendheng saponana,
Abot-entheng lakonana.
Rumah beratap genteng harap disapu,
Berat-ringan jalanilah.
Utang
Dadi tukang ora duwe paku,
Yen duwe utang ora wani metu.
Jadi tukang tak punya paku,
Kalau punya hutang tidak berani ke
luar.
Gesang
Anjang-anjang parene welut,
Pejah-gesang kula nggih tumut.
Anjang-anjang pare belut,
Hidup atau mati aku pun ikut.
Dilali-lali
Ali-ali emban kuningan,
Dilali-lali meksa kelingan.
Cincin berbingkai kuningan,
Dicoba dilupakan tapi tetap terkenang.
Edan
Awan-awan mlaku ngulon,
Nganti edan nora klakon.
Siang hari jalan ke Barat,
Sampai gila tidak kesampaian.
Montang-manting
Pring petung cagak radio,
Montang-manting bojone loro.
Bambu petung tonggak radio,
Mondar-mandir karena beristeri dua.
Ngenyek
Rempeyek diremet-remet,
Yen ngeyek aja banget-banget.
Rempeyek diremas-remas,
Kalau menghina jangan keras-keras.
Tentang Koesalah Soebagyo Toer
Koesalah Soebagyo Toer lahir di Blora,
27 Januari 1935. Anak keenam dari ayah Mastoer dan ibu Oemi Saidah. Mulai
belajar menulis dan menerjemahkan sejak usia 15 tahun. Sajak, cerpen dan
terjemahannya tersebar di berbagai majalah. Masuk fakultas sastra jurusan
bahasa Inggris, Universitas Indonesia (1954), menjadi penerjemah pada Kedutaan
Besar Cekoslowakia (1957-1959) dan wartawan kebudayaan INPS (Indonesian
National Press and Publicity Service, 1959-1961). Menerjemahkan dari bahasa
Inggris, Rusia, Belanda, dan Jawa., antara lain menerjemahkan karya Nikolai
Gogol, Anton Chekhov, Leo Tolstoi, Eiji Yoshikawa, Jan Breman, O.W. Wolters,
dll. Merupakan adik dari Pram.
Catatan Lain
Dalam pengantar, halaman 5, ada ditulis begini:
“Walaupun demikian, untuk pegangan, ada susunan parikan
yang dianggap ideal, yaitu:
1. Terdiri atas dua baris (yaitu parikan pantun tunggal)
atau empat baris (yaitu parikan ganda); masing-masing baris disebut gatra;
2. Masing-masing gatra terdiri
atas dua potongan (disebut pedhotan);
3. Masing-masing pedhotan
terdiri atas empat suku kata (disebut wanda);
4. Pada parikan dua gatra (parikan tunggal), gatra
pertama adalah sampiran, dan gatra kedua – isi.
5. Pada parikan empat gatra (parikan ganda), dua gatra
pertama adalah sampiran, dan dua gatra kedua – isi.
6. Sajak parikan berupa sajak silang: a-b untuk parikan
tunggal, a-b-a-b untuk parikan ganda.”
Lalu
dijelaskan pula asal mula kata parikan di halaman 7: “Apalagi kalau diingat
bahwa di dalam bahasa Jawa, kata parikan berasal dari kata pari, artinya padi,
sementara bentuk krama (bahasa tingkat menengah) dari pari adalah pantun. Jadi
parikan yang kurang-lebih berarti untaian padi, setali tiga uang dengan
pantun.//Pendapat ini berlainan dengan pendapat Ch.A. van Ophuysen yang
mengartikan kata pantun dengan umpama, seperti diuraikan dalam buku ‘Pantun
Melayu’… Van Ophuysen mempersamakan pantun dengan perumpamaan atau
ibarat.”
Koesalah
menulis ini di halaman 6: “Seperti terlihat dalam kenyataan, dan itu pun
terbukti dalam contoh-contoh di dalam buku ini, susunan ideal ini justru tidak
merupakan susunan yang dominan. Memang segala yang sifatnya ideal tidak
merupakan unsur dominan.” Nah, dua contoh pantun di bawah keluar dari ketentuan
nomor 6, yaitu keluar dari pola sajak a-b-a-b.
Ketemu
Suwe ora jamu,
Jamu pisan godhong waru;
Suwe ora ketemu,
Ketemu pisan ra isa turu.
Lama tidak minum jamu,
Minum jamu kali ini daun waru;
Lama tidak bertemu,
Bertemu sekali tak bisa tidur.
Conto
Kalo loro ilang blengkere,
Blengkerana murih dadine;
Kanggo conto anak-putune,
Supaya nggak sengsara iku uripe.
Dua kalo hilang bingkainya,
Bingkailah agar baik jadinya;
Buatlah contoh anak-cucunya,
Agar tak sengsara nanti hidupnya
Suru blekitu
BalasHapusAsu turu di bleki watu
Jopa jopu letet
Mojo pait ceblok neng watu mletet
Tuku jangung sak klobote
BalasHapusAmbung sak nyokote
Esuk linggih sore linggih
BalasHapusSing linggih wong surabaya
Kembang waru sedomphol isine wolu..........
BalasHapus