Jumat, 06 Januari 2017

Roestam Effendi: PERCIKAN PERMENUNGAN




Data Buku
Judul buku : Puitika Roestam Effendi dan Percikan Permenungan
Penulis : Ajip Rosidi
Penerbit : PT Dunia Pustaka Jaya, Bandung
Cetakan : I, 2013
Tebal : 168 halaman
Bekerjasama dengan : Bakti Budaya Djarum Foundation
ISBN : 978-979-419-387-7
Desain jilid : Ayi R. Sacadipura
(Keterangan kumpulan puisi Percikan Permenungan
Selesai ditulis di Padang, Maret 1925, 63 puisi
Penulis: Roestam Effendi)

Puitika Roestam Effendi dan Percikan Permenungan terdiri atas 2 bagian, Bagian Pertama, Bab I, berisi tulisan Ajip Rosidi: Puitika Roestam Effendi; Bab II: Surat Menyurat Ajip Rosidi dengan Roestam Effendi; Bagian Kedua: Percikan Permenungan.

Beberapa pilihan puisi Roestam Effendi dalam Percikan Permenungan

DIDIKAN YANG SEBENARNYA

Maukah tuan mendidik anak?
Siapapun juga yang tuan ikut,
sekalipun metode Pestalozzi,
atau ajaran yang salut-salut.

“Kebenaran” pokok segala didik.
Hendaklah ajar dengan buatan.
Jangan dua permainan guru,
lain di luar lain di dalam.

Kalau murid menampak kumidi.
Hilang harga hilang maksudmu.
Hilang percaya, ragu hormatnya.
Ingatlah tuan celaka itu.

Betapa halus tipuan kita.
Mata si anak susah disunglap.
Mana tersuruk sangka si tua
Nyalang mata anak menangkap.

Hendaklah tuan menjaga palsu.
Tanam “Kebenaran” di kalbu sendiri.
Buahnya dipetik di pohon anak.
Sebab itu bibit Sujani*

------
* sujani = kebaikan


BUKAN BÉTA BIJAK BERPERI

          Bukan béta bijak berperi,
pandai menggubah madahan syair;
          Bukan béta budak Negeri,
musti menurut undangan mair.

          Sarat saraf saya mungkiri;
Untai rangkaian seloka lama,
          béta buang béta singkiri,
Sebab laguku menurut sukma*

Susah sungguh saya sampaikan
degup-degupan di dalam kalbu.
          Lemah laun lagu dengungan
Matnya digamat rasaian waktu.

          Sering saya susah sesaat,
sebab madahan tidak nak datang.
          Sering saya sulit menékat,
sebab terkurang lukisan mamang.

          Bukan béta bijak berlagu,
dapat melemah bingkaian pantun.
          Bukan béta berbuat baru,
hanya mendengar bisikan alun.

-------
* sukma = nyawa



KOLAM

Di tengah
kolam yang éndah
tenang,
berenang
seekor gangsa.
Sayapnya putih
bulunya jernih,
jernih biji matanya.

Bak pulai
leher semampai
junjang
memandang
bercermin air.
Renangnya hening
airnya bening,
hening
tidak berdesir.

Di tepi
Kolam yang suci
pimping
keliling
bertumbuh banyak.
Bunganya halus
daunnya jirus,
bagus
kalau menampak.

Berenang
gangsa yang sorang.
Sunyi
bernyanyi
menanti kawan.
Kawannya hilang
disambar élang,
meréwang
rindu yang réwan.

Di tepi
Kolam yang sunyi
rusuh
berkayuh
seekor gangsa.
Sayapnya patah,
tulangnya lemah.
Sudah
nasib si gangsa.


MENCAHARI

Bersalut ratna diselang emas berhari-hari,
          Itulah kalung perjalanan hidupku;
membenturkan kesenangan cahaya nubari.
          Tiadalah pernah digetus pilu, rantaian mutu.

Menggeleng hati, menampik kata yang béta sebut.
          Timbullah kurang di untaian permata,
Meranggutkan gembiraku ke dalam selaput
          menungan dada. Menurut béta sepanjang deta!*

Seperti sayap rajawali datang menyerang kalbu,
          menutup sinar persenyuman sejahtera,
                   demikian kegeralapn di dalam hatiku.

Seperti buta mencahari jalan, meraba-raba,
          begitu béta bergontaian seorangku,
                   menuruti “Kebenaran” tujuan bangsaku.

------
* deta = detik


BERSAYANG-SAYANGAN

Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Pupuklah sayang dalam dadamu.
Jadikan “Sayang” pokok pekerjaan,
Lezatnya kau petik di dalam kalbu.
          Inilah buah kesuma nurani.

Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Jadikan sayang untuk pembunuh
segala khizit dendam permusuhan.
Sebab ini pangkal perbuatan kumuh.
          Inilah mara yang kita takuti.

Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Ikatkan lidah dengan cintamu,
supaya jangan menjadi penyesalan.
Lidah ini pokok segala udu.
          Hanyalah sayang yang dapat melési.

Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Banyaklah sesal sudah menangis,
menurut handai ke pintu kuburan,
memohonkan ampun, ratap mengemis
          kepada mayat yang tidak berbunyi.

Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Tanamkan sayang dalam dadamu.
Jadikan cinta pokok perbuatan,
Lezatnya kau rasa seluruh tubuh.
          Itulah bibit sejaht’ra manusi.


KEPADA YANG BERGURAU

          O, engkau cucu Adam
yang bermain di taman bunga, berteduh di bawah bahgia.
          Alangkah senang sentosamu, menyedapi buah yang lezat,
                                                bertangkai di pohon Asmara.

          O, engkau Ratna alam,
yang bertilam kesuma nyawa, disimbur Asmara juwita.
          Soraikan gelak suaramu,
dipeluki tangan yang lembut, dicium, diriba Permata.

          O, engkau makhluk Tuhan.
Sepatah madah tolong dengarkan, tolong pikirkan,
          sekalipun tuan dalam bergurau.
          Jauh bersunyi tolan,
seorang béta dalam berduka, tiap ketika,
          merindukan tanah dapat merdéka.


BUNDA DAN ANAK

Masak jambak,
buah sebuah
diperam alam di ujung dahan.
Mérah darah
beruris uris,
bendéra masak bagi seléra.

Lembut umbut,
disantap sayap.
Keroak pipi pengobat haus.
Harum baun
sumarak jambak.
Di bawah pohon terjatuh ranum.

Lalu ibu
di pokok pohon.
Tertarung hidung, terjatuh mata
pada pala,
tinggal sepanggal.
Terpercik liur di bawah lidah.

Belum jambu
masuk direguk,
terkenang anak, terkalang dirangkung.
Dalam talam,
bunda bersimpan
menanti put’ra si bungsu sulung.

Anak lasak
tersera-sera,
Budan berlari mengambil jambu.
Ibu suguh
buah sebuah,
sedapnya sama dirasa ibu.

Rengut sunut,
merajuk… Rajuk.
Bakhil disangka cintanya bunda.
Keluar pagar
jambu dilémpar.
Ibu berdiam, mengurut dada.


MENGELUH

I
Bukanlah béta berpijak bunga,
melalui hidup menuju makam.
Setiap saat disimbur sukar
bermandi darah, dicucurkan dendam.

Menangis mata melihat makhluk,
berharta bukan, berhak pun bukan.
Inilah nasib negeri ‘nanda,
memerah madu menguruskan badan;

Bak mana béta bersuka cita;
ratapan rakyat riuhan gaduh,
membobos masuk menyayu kalbuku.

Bak mana boléh berkata béta?
Suara sebat, sedanan rusuh
menghimpit madah, gubahan cintaku.

II
Bilakah bumi bertabur bunga,
disebarkan tangan yang tiada terikat;
dipetik jari yang lemah lembut,
ditanai sayap kemerdékaan rakyat?

Bilakah lawang bersinar Bébas,
ditinggalkan dera yang tiada terkata?
Bilakah susah yang béta benam,
dihembus angin kemerdékaan kita?

Di sanalah baru bermohon béta,
supaya badanku berkubur bunga,
bunga bingkisan, suara syairku.

Di situlah baru bersuka béta,
pebila badanku bercerai nyawa,
sebab menjemput Menikam bangsaku.


BUNGA CEMPAKA

Seketika bergontai di laman taman,
terjatuh mataku pada sekuntum bunga cempaka.
Baharu nak pecah, menggelakkan roman
di celah pelupuk; putih senyum pualam!

Ditungkus beludru pelupuk tua,
sebagai penutup gadis, terjaga dari beradu.
Baharu nak kembang, diranggutkan topan
di ujung tempuknya; letih jatuh bungawan.

Kurukuri mengambil kesuma lesu,
Kupegang, kupandang, sedang mataku ruyup ke tanah.
Siapa memetik membuangkan kamu
cempaka kesuma? Layur dalam merindu.

Sekalipun terbuang kesuma patah,
di mata hatiku belum berubah harum cempaka.
Kupeluk, kugenggam, kulenggangkan susah
di dalam dadaku; sedih kalbu bermadah.

Wahai bunga cempaka, senasib kita.
Dipetik Asmara pada ketika bunga menggombang.
Kubawa kesuma, peruntungan béta
Siapakah menyunting, bunga cempaka lata?

Seketika berjalan di laman lapang,
terkenang padaku, arti mendapat bunga cempaka.
Baharu kutahu; menggerakkan sayang
pelukis syairku. Nalam orang seorang.


RAHSIA ALAM

Kulihat kupu-kupu
          berkejar-kejaran.
Kulihat burung
          berédar-édaran.
Kudengar air menderu-deru.
Kukang lutung berseru-seru.

Kulihat manusia
          bergelak-gelakan.
Kulihat héwan
          beranak-anakan.
Kudengar angin sabung-menyabung.
Banyak erti di dalam kandung.

Kutangkap si-tiupan
          berbisik-bisikan.
Rahsia besar
          mereka paparkan.
Berontak darah dalam dadaku
Mengerti ‘ndak, terdengar tentu.


GAGASAN

Berkebut ribut. Mendayu kayu
disembar lelintar; tumbang batang.
Melulung: “tulung!”, menakutkan kalbu.
          Lah tunggang langgang, nak kiamat jagat*)
          Tetapi kami, berdua-dua
          Tiada nak jaga. Kuat kebat.

Nubari sari, dipadu rindu.
Lah satu kalbu; jab rasanya nyawa.
Jikalau engkau memangku aku,
gagasan pikiran, haram alam
di mata béta! Asmara Déwa!,
akh hilang bimbang, dimadu ciummu.

-----
*) bumi


DI MANA AKU PERGI

Di mana aku pergi, ah, di mana aku menoléh.
Bagaimana aku menanti, bagaimana aku menanggung,
Bak mana aku merasai, o, bak mana mata meléléh,
Bak mana aku merenung, bak mana aku menggarung.

Biarpun aku tidur, ah, biarpun aku tertawa,
Bagaimana aku berlayar, bagaimana aku bergurau,
Tak ada aku melupa, o, tak ada engkau terlupa.
Tak lain aku pikirkan, ah, jantung hatiku engkau.

Jikalau malam hari, wah, jikalau aku sendiri
mencucuri mata seorang, membaliki badan yang sakit.
O, sampai engkau mendera, kekasihku, mari kemari!
Lah lama aku mencinta, lah lama hatiku pahit.

Asmara, mana tangan, o, ulurkan jari yang halus.
Terimalah tangan mendamba, sambutlah cinta yang letih.
Nak lepas aku merindu, ah, nak putus rangkung yang haus.
Wah biar, biar kupeluk, ah dengan tangan menggigih.

Tiada pada aku, ah, tiada harta yang sakti.
Ke kakimu aku menangkup, menghantarkan nyawa sebuah.
Kekasih, peluk cintaku, o, percintaan menentang mati.
Sah engkau, tidak yang lain, ah, Tempat Darah Tertumpah.


TANAH AIR

O, tanah airku, yang éndah sangat,
Berpandang katifah*) hijau,
berlembah, bekasan danau,
berlangit bertudung awan,
bergunung berbukit, berpantai lautan.
O, tanah airku, yang éndah sangat.

O, tanah airku yang béta cinta,
di malam menjadi mimpi,
di siang merayan hati.
Terkurung madahan sya’ir,
pelagukan ihtisyim**) asmara Kadir,
O, tanah airku yang béta cinta.

O, tanah airku yang sangat kaya,
bergoa penyimpan logam,
berkolam penerang malam,
bersungai, berbatu ratna
lautan menyimpan harta mutiara
O, tanah airku yang sangat kaya.

O, tanah airku yang sangat subur,
bertikar bersawah padi,
berladang berkebun kopi,
berharta di dalam hutan,
membual usaha bukan buatan.
O, tanah airku yang sangat subur!

O, tanah airku yang béta junjung,
Selamat sejaht’ra engkau,
ketika di zaman silau,
sebelum disabak orang,
semasa lembaga adat suarang.
O, tanah airku yang béta junjung.

O, tanah airku yang sangat larat,
mengeluh meratap nasib,
bertunduk menjunjung ‘aib;
dipijak, didera susah,
mempercikkan peluh dan darah.
O, tanah airku yang sangat larat.

O, nasib tanahku, yang sangat malang.
di dalam merindu untung,
bersabung kasumat pusung,
antara sesama Put’ra
tersebab khianat, menerbitkan cidera.
O, nasib tanahku, yang sangat malang.

O, tanah tumpahku yang sangat malang.
Bilakah waktunya datang,
terlepas darimu, bimbang?
Mengharamkan penjilat bangsa kebiri
karena mengingat keperluan sendiri.
O, tanah tumpahku yang sangat malang.

--------
*) permadani.
**) hormat.


PANGKUAN BUNDA

          Tahu dikau
secabik tempat yang kukasihi?
          Tumpak yang sakti,
di dalam dada kuhormati?
          Dalam kenangan
          terayan ayan?

          Tahu dikau
sebidang kasur tempatku tidur?
          Tempat yang makmur.
Sedang lasak menjulur-julur,
          waktu mengemis
          menangis-nangis?

          Tahu dikau
di mana aku dipujuk-pujuk?
          Sebab merajuk
mehausi susu nyaman sejuk?
          Suling menyuling
berguling-guling?

          Kenal dikau
mana yang tidak boleh kaulupa?
          di ukup dupa.
Kasih tak putus, tak kan lupa
          santun sayangku
          ke inang ibu.

          Wahai sah’bat,
kurang aksara putus penyebut.
          Hulu menangkut
mata sabak airnya rurut.
          Hilang tepian
          di mata tolan.

          Dang pembaca
sudahlah tahu mana kumaksud
          Sudah disebut
diterka kalbu, lurus tunjuk.
          Sakti bunyinya:
          “Haribaan Bunda”.


O, BAYANGAN HITAM

O, Bayangan Hitam,
Yang meréwang, menyelang sawangan pikiran,
Sebagai salah yang tak kan tenggelam
Sekalipun Sukma tak ada sesalan.

O, Bayangan Hitam,
Ba’nak sabak. Menyesak menggoyak kenangan,
Berbalik-balik, menggoda di dalam.
Merunuti mata, tak putus putusan.

O, Bayangan Hitam,
Hening berbaring, di samping berdamping tiduran,
Serasa saat, berpegang bergenggam,
Menghidupi mayat, nak masuk kuburan.

O, Bayangan Hitam,
Yang membayang, sepanjang langkahan pikiran.
Mencurah mata, berenang di tilam,
Merindukan mesra … akh hanya bayangan.

O, Bayangan Hitam,
Uh mengeluh, mengaduh jeritan di badan.
Begitu berat, menekan Si Silam,
Melebihi masygul, … Wah rejam bayangan.

O, Bayangan Hitam,
Wah apalah penyudah, pembunuh dosamu.
Supaya saya mendapat berdiam.
Menceraikan pilu ….. O, kamu Kenangan!


MENANGIS

Alangkah benciku mendengar tangis
kalau menangis karena sakit.
Alangkah marahku mendengar tangis,
kalau orang disinggung barit.

Amarah hatiku mendengar tangis,
kalau orang meratapi mayat.
Mendengar menangis jantungku pedis.
Bukan menangis kujadikan sifat.

Pabila mataku melihat orang
air matanya membasah pipi,
haramlah hatiku menaruh sayang
pada lelaki berhati puteri.

Menangis itu tandanya tak jantan,
atau anak yang di bawah umur.
Menangis itu béta pantangkan
biarpun bumi luluh dan hancur.

Mengapa béta sebengis ini?
Karena tak ada ‘kan jadi tangis;
Karena lah habis yang béta tangisi.
Ah, selama hidup, béta Menangis!


DI TENGAH SUNYI

Di tengah sunyi menderu rinduku,
seperti topan. Meranggutkan dahan,
mencabutkan akar, meranggutkan kembang kalbuku.

Di topan ini, berdiri bayangmu
seperti bulan. Menguatkan badan,
merenangi laut, menyampaikan hajat dadaku.

Tetapi Sari kekasih hatiku
kencana béta. Berikanlah béta
penjelangi maut; di sanalah puas hausku.

Disamar sadu, sawangan sukmaku
dilémpar Siti. Marilah Cinta
cendanai luka, peninggalan mata sembilu.

Sakinat*) tidak sekali berdiam
di dalam badan; mengenangkan hari
yang terluncur sudah, berpélangan sinaran nilam.

Meratap mat**), mengaling Zaman
diliput awan; ditabiri hari.
Fatha alkuhud mari, cabutkanlah sebal di dalam!

-------
*) keamanan sukma.
**) mat = maat.


DEWI ASMARA

Wahai kekasihku!
          Entah di mana béta melihat,
          entah di mimpi dalam beradu.
          Tuan terbayang seperti kilat,
          kita bertemu selintas lalu,
O, kekasihku!

Bila adindaku,
          tuan tersenyum? Mata cemerlang
          memanah jantung, membobos kalbu.
          Darah tersintak, seni tergoyang,
          seperti béta disiram madu,
O, kekasihku!

Di manakah tuan?
          Béta mencari, mengelana*) hati.
          Tuan lenyap, meninggalkan réwan.
          Nyawa meratap, merindu Déwi,
          dipagut gelap, diterbangkan awan.
Ah, kekasihku.

Aduh Déwiku,
          Ke mana jiwa ‘kan kurunut?
          Panas dan hangus dunia loka,
          Lapar dahaga di pasir laut,
          Sunyi sawangku meremas luka.
Ah, kencanaku!

O, mari kemari
          Sukma mendamba rupawan sahdu.
          Melayang réwan, merenung bayang.
          Zahar**) wayangmu di pelupuk rindu
          ditutup sabur, direbut sayang.
O, mari kemari.

Wahai adindaku,
          Apakah roman tuan sekarang.
          Pelukis ittisaf perkataan kurang,
          tinggal terbekam di angan-angan.
          Tuan menyuruh béta meréwang.
kekasihku.

---------
*) meréwang.
**) bersih.


ALAM

Alam!!!
Alangkah sebatnya suara ini,
dikeluhkan nyawa, kalbu nurani,
yang tengah berkhali menanti Zaman.
Alam, penuh oléh duri dustaan,
diliputi dosa, keganasan nafsu,
pertempuran dendam, marah dan sayu.
Alam, tempat bunga berkarang duri,
Gua godaan percintaan put’ri,
mengeluh, menangis, merindu cinta,
meratap, menggigir, kujur tiada berkata.

Alam!!!
Apakah gerangan kuasa engkau,
maka tiada tertinggalkan pulau
oleh sekalian manusia ini?
Adakah hidup di dunia fani
akan kekal berzaman Khulud*)?
makanya kita menaruh takut,
jikalau maut menjemput hartanya?
Apakah yang mengebat kita di dunya?
Rantai percintaan kepada,
atau ke anak, atau kepada kekasihmu?

Alam!!!
Apakah gerangan godaan kamu,
apakah juga yang mengebat kalbu,
tiadalah béta yang engkau paut!
O, Rabbi, kirimkan béta malaikat maut,
tuntutlah nyawa di muka saatnya.
Lah cukup berat béta derita,
lah bosan béta didera hidup,
‘kan senyum aku menempuh khulud.
………………………………………………………….
Sekiranya ada hati menyesal,
tak lain sebabnya, karena tangan tiada berbekal.

--------
*) abadi.


BERNASIB

I
Dari manakah datangnya
            keluh yang pilu ‘tu,
seperti suara si sakit
            mengadu dan mengeluh
            di tengah malam?

Bagi bisikan biola,
            rebab perinduku,
mengurut telinga yang lembut.
            Mencicit dan menyunu
            mendalam dalam.

Wahai marilah berlagu,
            hati yang bersunyi.
Berilah berlidah jantungku
            supaya nak bernyanyi,
            merentang nalam.

Rebab memecah biola;
            belah bak dikoyak,
rasanya hatiku yang penuh,
            karena lah menyesak
            rindu di dalam.

II
Kulémparkan rebab perintang hati.
            Kulupakan luka
            berdarah parah.
Kugelangkan gelak pembujuk kanti.
            Kusenyumkan muka
            berpayah-payah!

Sesungguhpun muka kubentang jernih,           
kuhamparkan suka
            berganti-ganti,
sekalipun béta berpakai bersih
            menghamburkan mata
            berseri-seri;

Siapakah konon menduga jantung
            meratapkan rindu
            pada adinda?
Meninggalkan kanda sepotong puntung,
            dihanyutkan pilu
            tidak bermadah!

Sekalipun kawan membawa bujuk,
            menuangkan belas
            ke badan tolan;
Pebiarlah paras bersinar sejuk
            menyurukkan tadas
            alasan sedan,

Seorang sulit mengira kusut,
            yang mengacau dada
            alam di dalam.
Suatu pun tidak madahan larut,
            pendadungkan gundah
            semalam-malam.

Kubuangkan baju penutup palsu.
            Kucurahkan mata
            berlinang-linang.
Meniarap hulu ke pangku pilu
            Kutangiskan kata
            mengenang malang.

III
Béta bak bagai si burung Bayan,
ditilami kelam dalam terungku.
Merumuk mata menanti mantari.
            Bila terbuka pembungkus balam,
            seketika sempat sayap disuruh,
            hilanglah akal menyulingkan nyanyi.

Sekarang rantai pelenggu hati
kuputuskan sudah dari melilit,
memberi béta kesempatan tutur.
            Sekarang baru kurasa mati
            lidah-syair. Segan, sendat, wah sulit
            mencari madah melagukan tutur!

Sekarang duduk merenung sunyi.
Menggenggami kalbu, – berombak sedih, –
di dalam kamar di lingkung duni.
            Apakah akan jadinya diri?
            Pebilakah maut mengobat letih,
            mengambil rindu, menguburkan bunyi?

IV
            Disawang sengit,
lengkungan biru, yang tiada cemar,
bergubal awan berbual-bual.
Berombak perak gubahan pawana,
putih pualam berarak-arak.

            Di sana sayap
kenangan lama, yang hendak mengembang
menurut ujud, sinaran Surya,
membubung ujung tepian sujana,
memeluk Zohrat berkilau-kilau.

Di tanai tepi                                               
bintaran bulan, yang terpinar perak,
di situ béta bermain-main,
memetik putik kesuma Asmara
putik pertama menjelang kembang

Kupinta pintu,
pembuka taman, yang belum ditempuh.
Belum dipijak, belum disabak.
Barulah berjalan berkawan,
lalu melintas di taman aman.

Kudengar debar,
di dalam dada, seperti desiran
cerécéh cinta; berbisik-bisik
Beriak ombak, simburan sungai,
gilang gemilang berpupur habrul.

Kulihat loka
bertabur makmur, yang diserai suka
pancaran surya, di dada tuan.
Cemaslah cita, melihat tekukur
terbang terkejut di sawang lapang,

Jemputlah jiwa,
yang sedang mawang,bak terkepai-kepai.
Lah haram alam. Tiada ertinya
Dunya ‘ni lagi, di mata béta!
Mengapa Puspa menghilang s’orang?

Mengapa dinda
meninggalkan sebal yang tidak layu?
Membiar béta meromok hati?
Sekarang sakit menempuh hidup!
Bak masak nyawa, ‘kan gugur k’kubur. 


Tentang Roestam Effendi
Roestam Effendi lahir di Padang, pada 18 Mei 1902. Meninggal di Jakarta, 24 Mei 1979. Menerbitkan kumpulan sajak Percikan Permenungan (1926) dan drama sajak Bebasari (1926).  Ia pergi ke Negeri Belanda. Menempuh ujian untuk memperoleh hoofd-acte sebagai guru, tapi kemudian ditinggalkannya dunia pendidikan untuk terjun ke dunia politik. Ia bergabung dengan partai yang ketika itu paling keras menyuarakan agar Indonesia dibebaskan dari penjajahan Belanda. Selama 13 tahun (1933-1946), ia duduk di parlemen Belanda (Tweede Kamer). Tulis RE dalam surat kepada Ajip Rosidi: “…, saya meninggalkan lapangan sastera di Indonesia karena didorong oleh daya revolusioner untuk memperjuangkan kemerdekaan Nasional kita secara 'direct' dan 'actief' di lapangan politik. Bukan untuk mendadakan diri, tetapi adalah suatu fact yang nyata, bahwa dalam lapangan politik saya satu-satunya pejuang kemerdekaan Indonesia, yang di zaman sebelum perang dapat mencapai tingkatan politik yang tertinggi bagi seorang Indonesia, bukan dengan ambil-ambil muka atau jilat-menjilat sebagai pejabat-pejabat tinggi bangsa kita dalam zaman kolonial, tetapi dengan penentangan yang tangkas dan kekuatan revolusioner yang menjiwai seluruh perbuatan saya di masa itu.Saya tidak perlu malu-malu mengatakan, bahwa dari segala tokoh-tokoh kita yang memimpin Indonesia sekarang ini, malahan sayalah yang paling radikal, dan paling kiri serta paling konsekwen revolusioner, dengan bukti-buktinya yang nyata.//Sebagai anggota Parlemen Belanda, yang terpilih langsung oleh rakyat Belanda, dan tidaklah ‘ditunjuk dan diangkat oleh sesuatu hal’, berkali-kali dipilih selama 13 tahun lamanya (1933-1946), dalam hakikatnya saya adalah calon minister di Belanda, yang lebih tinggi kuasa kedudukannya dari seorang Gobnor-Jenderal Indonesia. Kesempatan yang sedemikian berkali-kali ada buat saya, kalau saya waktu itu mau meninggalkan sikap revolusioner saya sebagai seorang pejuang radikal-kiri.” (hlm. 45). Surat bertanda, Jakarta, 18 Maret 1962. Paska kemerdekaan Indonesia diproklamasikan, ternyata partainya tidak mendukungnya, karena menurut mereka Soekarno dan Hatta dan orang-orang yang duduk di pemerintahannya adalah orang-orang ‘borjuis’. Sebagai konsekuensinya, Roestam meninggalkan partai tersebut berikut kedudukannya di parlemen dan pulang ke tanah air. (lihat hlm. 33)


Catatan Lain
Percikan Permenungan cetakan kedua, pengarang menulis pengantar dengan penanda Jakarta, Mei 1953. Ia menulis: “Percikan Permenungan lahir di Padang pada bulan Maret 1925, tidak beberapa lama setelah Bebasari melihat penerbitnyaa. Kedua buku itu dikarang dan disusun dalam saat dan suasana yang bersamaan….//Dalam lukisan tonil Bebasari tegas dan keras terdengarnya jeritan merdeka, yang terbekam dan ditekan itu. Keperwiraan dan ‘heroisme’ menjadi landasan penyulamannya. Tetapi si penjajah tak mudah dipermainkan. Bebasari mendapat halangan dan ancaman.//Percikan Permenungan terpaksa menukar kalam. Untuk mengelakkan delict yang mengancam, diperpusatkan nalam kepada lagu Asmarandana, diselingi seloka Tanah Air di sana sini. Suara merdeka didandani baju percintaan; ‘heroisme’ Bebasari menjelma menjadi ‘erotiek’ dan ‘romantiek’ dalam Percikan Permenungan. 
            Terkait hal di atas, mengutip surat Roestam Effendi kepada Ajip Rosidi, ada juga ditulisnya: “Tidak seorang penerbit yang mau dan berani mengeluarkan buku-buku saya itu, karena menganggap tulisan saya itu bukan ‘syair atau pantun  yang dibiasakan orang’, melainkan ‘tulisan anak muda yang kepedasan’ yang tak kenal haram! Mendobrak gerbang kelaziman yang telah berurat-berakar dalam anggapan masyarakat memanglah tidak pekerjaan yang mudah! Akhirnya saya terpaksa menerbitkan buku-buku tersebut atas ongkos dan risiko sendiri! Secara financieel penerbitan buku-buku itu bagi saya merupakan kata orang Belanda, suatu ‘strop’. Baiklah, itu tak apa. Yang lebih menyedihkan lagi buku-buku tersebut tidak saja (tidak) dibeli orang, malahan para guru dan ahli-ahli mengarang, yang pada masa dewasa ini bisa dianggap sebagai pendukung-pendukung sastera kita yang saya beri persenan buku Bebasari dan Percikan Permenungan secara gratis, rata-rata berpendapat bahwa buku-buku saya itu adalah hasil dari ‘seorang kepala miring, yang mau berlagak pandai mengarang syair’. Kebanyakan dari mereka melemparkan buku-buku saya itu ke keranjang sampah, kalau tidak dikembalikan dengan secarik kertas penghinaan: ‘Terima kasih, tidak berkesempatan untuk membacanya!’ Sic!//Sementara itu saya berangkat ke Eropah. Bebasari sebab dibeslah yang berkuasa, dan Percikan Permenungan sebab tidak laku, maka kedua ‘persembahan saya ke dalam perdupaan Bahasa Melayu’ tenggelam ke lautan kealpaan umum, hilang dari mata perhatian orang banyak. Baru di tahun 1931 keluarlah ‘verslag tahunan’ dari ‘Volkslectuur’, bahwa Sanusi Pane, Moh. Yamin dan saya (di mana nama saya malahan disebutkan nomor satu dari tiga serangkai ini!) dinilai sebagai tokoh-tokoh pelopor utama dari perkembangan Sastera Indonesia baru. Baru pada waktu itulah buku-buku saya ramai dicari khalayak ramai!”

1 komentar:

  1. puisi yang sungguh dalam sekali maknanya ...sehingga saya bisa lebih mempelajar tentang puisi ....terima kasih.
    (Wisnu Murti,http://tulisandenpasar.blogspot.com)

    BalasHapus