Data Buku
Judul buku : Puitika Roestam Effendi
dan Percikan Permenungan
Penulis : Ajip Rosidi
Penerbit : PT Dunia Pustaka Jaya,
Bandung
Cetakan : I, 2013
Tebal : 168 halaman
Bekerjasama dengan : Bakti Budaya
Djarum Foundation
ISBN : 978-979-419-387-7
Desain jilid : Ayi R. Sacadipura
Selesai ditulis di Padang, Maret 1925,
63 puisi
Penulis: Roestam Effendi)
Puitika Roestam Effendi dan Percikan Permenungan
terdiri atas 2 bagian, Bagian Pertama, Bab I, berisi tulisan Ajip Rosidi: Puitika
Roestam Effendi; Bab II: Surat Menyurat Ajip Rosidi dengan Roestam Effendi;
Bagian Kedua: Percikan Permenungan.
Beberapa pilihan puisi Roestam Effendi dalam Percikan Permenungan
DIDIKAN YANG SEBENARNYA
Maukah tuan mendidik anak?
Siapapun juga yang tuan ikut,
sekalipun metode Pestalozzi,
atau ajaran yang salut-salut.
“Kebenaran” pokok segala didik.
Hendaklah ajar dengan buatan.
Jangan dua permainan guru,
lain di luar lain di dalam.
Kalau murid menampak kumidi.
Hilang harga hilang maksudmu.
Hilang percaya, ragu hormatnya.
Ingatlah tuan celaka itu.
Betapa halus tipuan kita.
Mata si anak susah disunglap.
Mana tersuruk sangka si tua
Nyalang mata anak menangkap.
Hendaklah tuan menjaga palsu.
Tanam “Kebenaran” di kalbu sendiri.
Buahnya dipetik di pohon anak.
Sebab itu bibit Sujani*
------
* sujani = kebaikan
BUKAN BÉTA BIJAK BERPERI
Bukan béta
bijak berperi,
pandai menggubah madahan syair;
Bukan béta
budak Negeri,
musti menurut undangan mair.
Sarat
saraf saya mungkiri;
Untai rangkaian seloka lama,
béta buang
béta singkiri,
Sebab laguku menurut sukma*
Susah sungguh saya sampaikan
degup-degupan di dalam kalbu.
Lemah laun
lagu dengungan
Matnya digamat rasaian waktu.
Sering
saya susah sesaat,
sebab madahan tidak nak datang.
Sering saya
sulit menékat,
sebab terkurang lukisan mamang.
Bukan béta
bijak berlagu,
dapat melemah bingkaian pantun.
Bukan béta
berbuat baru,
hanya mendengar bisikan alun.
-------
* sukma = nyawa
KOLAM
Di tengah
kolam yang éndah
tenang,
berenang
seekor gangsa.
Sayapnya putih
bulunya jernih,
jernih biji matanya.
Bak pulai
leher semampai
junjang
memandang
bercermin air.
Renangnya hening
airnya bening,
hening
tidak berdesir.
Di tepi
Kolam yang suci
pimping
keliling
bertumbuh banyak.
Bunganya halus
daunnya jirus,
bagus
kalau menampak.
Berenang
gangsa yang sorang.
Sunyi
bernyanyi
menanti kawan.
Kawannya hilang
disambar élang,
meréwang
rindu yang réwan.
Di tepi
Kolam yang sunyi
rusuh
berkayuh
seekor gangsa.
Sayapnya patah,
tulangnya lemah.
Sudah
nasib si gangsa.
MENCAHARI
Bersalut ratna diselang emas berhari-hari,
Itulah
kalung perjalanan hidupku;
membenturkan kesenangan cahaya nubari.
Tiadalah
pernah digetus pilu, rantaian mutu.
Menggeleng hati, menampik kata yang béta sebut.
Timbullah
kurang di untaian permata,
Meranggutkan gembiraku ke dalam selaput
menungan dada.
Menurut béta sepanjang deta!*
Seperti sayap rajawali datang menyerang kalbu,
menutup sinar
persenyuman sejahtera,
demikian
kegeralapn di dalam hatiku.
Seperti buta mencahari jalan, meraba-raba,
begitu béta
bergontaian seorangku,
menuruti
“Kebenaran” tujuan bangsaku.
------
* deta = detik
BERSAYANG-SAYANGAN
Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Pupuklah sayang dalam dadamu.
Jadikan “Sayang” pokok pekerjaan,
Lezatnya kau petik di dalam kalbu.
Inilah
buah kesuma nurani.
Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Jadikan sayang untuk pembunuh
segala khizit dendam permusuhan.
Sebab ini pangkal perbuatan kumuh.
Inilah
mara yang kita takuti.
Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Ikatkan lidah dengan cintamu,
supaya jangan menjadi penyesalan.
Lidah ini pokok segala udu.
Hanyalah
sayang yang dapat melési.
Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Banyaklah sesal sudah menangis,
menurut handai ke pintu kuburan,
memohonkan ampun, ratap mengemis
kepada mayat
yang tidak berbunyi.
Sayang bersayanganlah, kamu sesamamu manusi.
Tanamkan sayang dalam dadamu.
Jadikan cinta pokok perbuatan,
Lezatnya kau rasa seluruh tubuh.
Itulah
bibit sejaht’ra manusi.
KEPADA YANG BERGURAU
O, engkau
cucu Adam
yang bermain di taman bunga, berteduh di bawah bahgia.
Alangkah
senang sentosamu, menyedapi buah yang lezat,
bertangkai
di pohon Asmara.
O, engkau
Ratna alam,
yang bertilam kesuma nyawa, disimbur Asmara juwita.
Soraikan
gelak suaramu,
dipeluki tangan yang lembut, dicium, diriba Permata.
O, engkau
makhluk Tuhan.
Sepatah madah tolong dengarkan, tolong pikirkan,
sekalipun tuan
dalam bergurau.
Jauh
bersunyi tolan,
seorang béta dalam berduka, tiap ketika,
merindukan
tanah dapat merdéka.
BUNDA DAN ANAK
Masak jambak,
buah sebuah
diperam alam di ujung dahan.
Mérah darah
beruris uris,
bendéra masak bagi seléra.
Lembut umbut,
disantap sayap.
Keroak pipi pengobat haus.
Harum baun
sumarak jambak.
Di bawah pohon terjatuh ranum.
Lalu ibu
di pokok pohon.
Tertarung hidung, terjatuh mata
pada pala,
tinggal sepanggal.
Terpercik liur di bawah lidah.
Belum jambu
masuk direguk,
terkenang anak, terkalang dirangkung.
Dalam talam,
bunda bersimpan
menanti put’ra si bungsu sulung.
Anak lasak
tersera-sera,
Budan berlari mengambil jambu.
Ibu suguh
buah sebuah,
sedapnya sama dirasa ibu.
Rengut sunut,
merajuk… Rajuk.
Bakhil disangka cintanya bunda.
Keluar pagar
jambu dilémpar.
Ibu berdiam, mengurut dada.
MENGELUH
I
Bukanlah béta berpijak bunga,
melalui hidup menuju makam.
Setiap saat disimbur sukar
bermandi darah, dicucurkan dendam.
Menangis mata melihat makhluk,
berharta bukan, berhak pun bukan.
Inilah nasib negeri ‘nanda,
memerah madu menguruskan badan;
Bak mana béta bersuka cita;
ratapan rakyat riuhan gaduh,
membobos masuk menyayu kalbuku.
Bak mana boléh berkata béta?
Suara sebat, sedanan rusuh
menghimpit madah, gubahan cintaku.
II
Bilakah bumi bertabur bunga,
disebarkan tangan yang tiada terikat;
dipetik jari yang lemah lembut,
ditanai sayap kemerdékaan rakyat?
Bilakah lawang bersinar Bébas,
ditinggalkan dera yang tiada terkata?
Bilakah susah yang béta benam,
dihembus angin kemerdékaan kita?
Di sanalah baru bermohon béta,
supaya badanku berkubur bunga,
bunga bingkisan, suara syairku.
Di situlah baru bersuka béta,
pebila badanku bercerai nyawa,
sebab menjemput Menikam bangsaku.
BUNGA CEMPAKA
Seketika bergontai di laman taman,
terjatuh mataku pada sekuntum bunga cempaka.
Baharu nak pecah, menggelakkan roman
di celah pelupuk; putih senyum pualam!
Ditungkus beludru pelupuk tua,
sebagai penutup gadis, terjaga dari beradu.
Baharu nak kembang, diranggutkan topan
di ujung tempuknya; letih jatuh bungawan.
Kurukuri mengambil kesuma lesu,
Kupegang, kupandang, sedang mataku ruyup ke tanah.
Siapa memetik membuangkan kamu
cempaka kesuma? Layur dalam merindu.
Sekalipun terbuang kesuma patah,
di mata hatiku belum berubah harum cempaka.
Kupeluk, kugenggam, kulenggangkan susah
di dalam dadaku; sedih kalbu bermadah.
Wahai bunga cempaka, senasib kita.
Dipetik Asmara pada ketika bunga menggombang.
Kubawa kesuma, peruntungan béta
Siapakah menyunting, bunga cempaka lata?
Seketika berjalan di laman lapang,
terkenang padaku, arti mendapat bunga cempaka.
Baharu kutahu; menggerakkan sayang
pelukis syairku. Nalam orang seorang.
RAHSIA ALAM
Kulihat kupu-kupu
berkejar-kejaran.
Kulihat burung
berédar-édaran.
Kudengar air menderu-deru.
Kukang lutung berseru-seru.
Kulihat manusia
bergelak-gelakan.
Kulihat héwan
beranak-anakan.
Kudengar angin sabung-menyabung.
Banyak erti di dalam kandung.
Kutangkap si-tiupan
berbisik-bisikan.
Rahsia besar
mereka
paparkan.
Berontak darah dalam dadaku
Mengerti ‘ndak, terdengar tentu.
GAGASAN
Berkebut ribut. Mendayu kayu
disembar lelintar; tumbang batang.
disembar lelintar; tumbang batang.
Melulung: “tulung!”, menakutkan kalbu.
Lah
tunggang langgang, nak kiamat jagat*)
Tetapi
kami, berdua-dua
Tiada nak
jaga. Kuat kebat.
Nubari sari, dipadu rindu.
Lah satu kalbu; jab rasanya nyawa.
Jikalau engkau memangku aku,
gagasan pikiran, haram alam
di mata béta! Asmara Déwa!,
akh hilang bimbang, dimadu ciummu.
-----
*) bumi
DI MANA AKU PERGI
Di mana aku pergi, ah, di mana aku menoléh.
Bagaimana aku menanti, bagaimana aku menanggung,
Bak mana aku merasai, o, bak mana mata meléléh,
Bak mana aku merenung, bak mana aku menggarung.
Biarpun aku tidur, ah, biarpun aku tertawa,
Bagaimana aku berlayar, bagaimana aku bergurau,
Tak ada aku melupa, o, tak ada engkau terlupa.
Tak lain aku pikirkan, ah, jantung hatiku engkau.
Jikalau malam hari, wah, jikalau aku sendiri
mencucuri mata seorang, membaliki badan yang sakit.
O, sampai engkau mendera, kekasihku, mari kemari!
Lah lama aku mencinta, lah lama hatiku pahit.
Asmara, mana tangan, o, ulurkan jari yang halus.
Terimalah tangan mendamba, sambutlah cinta yang letih.
Nak lepas aku merindu, ah, nak putus rangkung yang haus.
Wah biar, biar kupeluk, ah dengan tangan menggigih.
Tiada pada aku, ah, tiada harta yang sakti.
Ke kakimu aku menangkup, menghantarkan nyawa sebuah.
Kekasih, peluk cintaku, o, percintaan menentang mati.
Sah engkau, tidak yang lain, ah, Tempat Darah Tertumpah.
TANAH AIR
O, tanah airku, yang éndah sangat,
Berpandang katifah*) hijau,
berlembah, bekasan danau,
berlangit bertudung awan,
bergunung berbukit, berpantai lautan.
O, tanah airku, yang éndah sangat.
O, tanah airku yang béta cinta,
di malam menjadi mimpi,
di siang merayan hati.
Terkurung madahan sya’ir,
pelagukan ihtisyim**) asmara Kadir,
O, tanah airku yang béta cinta.
O, tanah airku yang sangat kaya,
bergoa penyimpan logam,
berkolam penerang malam,
bersungai, berbatu ratna
lautan menyimpan harta mutiara
O, tanah airku yang sangat kaya.
O, tanah airku yang sangat subur,
bertikar bersawah padi,
berladang berkebun kopi,
berharta di dalam hutan,
membual usaha bukan buatan.
O, tanah airku yang sangat subur!
O, tanah airku yang béta junjung,
Selamat sejaht’ra engkau,
ketika di zaman silau,
sebelum disabak orang,
semasa lembaga adat suarang.
O, tanah airku yang béta junjung.
O, tanah airku yang sangat larat,
mengeluh meratap nasib,
bertunduk menjunjung ‘aib;
dipijak, didera susah,
mempercikkan peluh dan darah.
O, tanah airku yang sangat larat.
O, nasib tanahku, yang sangat malang.
di dalam merindu untung,
bersabung kasumat pusung,
antara sesama Put’ra
tersebab khianat, menerbitkan cidera.
O, nasib tanahku, yang sangat malang.
O, tanah tumpahku yang sangat malang.
Bilakah waktunya datang,
terlepas darimu, bimbang?
Mengharamkan penjilat bangsa kebiri
karena mengingat keperluan sendiri.
O, tanah tumpahku yang sangat malang.
--------
*) permadani.
**) hormat.
PANGKUAN BUNDA
Tahu dikau
secabik tempat yang kukasihi?
Tumpak
yang sakti,
di dalam dada kuhormati?
Dalam
kenangan
terayan
ayan?
Tahu dikau
sebidang kasur tempatku tidur?
Tempat
yang makmur.
Sedang lasak menjulur-julur,
waktu
mengemis
menangis-nangis?
Tahu dikau
di mana aku dipujuk-pujuk?
Sebab
merajuk
mehausi susu nyaman sejuk?
Suling menyuling
berguling-guling?
Kenal
dikau
mana yang tidak boleh kaulupa?
di ukup
dupa.
Kasih tak putus, tak kan lupa
santun
sayangku
ke inang
ibu.
Wahai
sah’bat,
kurang aksara putus penyebut.
Hulu
menangkut
mata sabak airnya rurut.
Hilang
tepian
di mata
tolan.
Dang
pembaca
sudahlah tahu mana kumaksud
Sudah
disebut
diterka kalbu, lurus tunjuk.
Sakti
bunyinya:
“Haribaan
Bunda”.
O, BAYANGAN HITAM
O, Bayangan Hitam,
Yang meréwang, menyelang sawangan pikiran,
Sebagai salah yang tak kan tenggelam
Sekalipun Sukma tak ada sesalan.
O, Bayangan Hitam,
Ba’nak sabak. Menyesak menggoyak kenangan,
Berbalik-balik, menggoda di dalam.
Merunuti mata, tak putus putusan.
O, Bayangan Hitam,
Hening berbaring, di samping berdamping tiduran,
Serasa saat, berpegang bergenggam,
Menghidupi mayat, nak masuk kuburan.
O, Bayangan Hitam,
Yang membayang, sepanjang langkahan pikiran.
Mencurah mata, berenang di tilam,
Merindukan mesra … akh hanya bayangan.
O, Bayangan Hitam,
Uh mengeluh, mengaduh jeritan di badan.
Begitu berat, menekan Si Silam,
Melebihi masygul, … Wah rejam bayangan.
O, Bayangan Hitam,
Wah apalah penyudah, pembunuh dosamu.
Supaya saya mendapat berdiam.
Menceraikan pilu ….. O, kamu Kenangan!
MENANGIS
Alangkah benciku mendengar tangis
kalau menangis karena sakit.
Alangkah marahku mendengar tangis,
kalau orang disinggung barit.
Amarah hatiku mendengar tangis,
kalau orang meratapi mayat.
Mendengar menangis jantungku pedis.
Bukan menangis kujadikan sifat.
Pabila mataku melihat orang
air matanya membasah pipi,
haramlah hatiku menaruh sayang
pada lelaki berhati puteri.
Menangis itu tandanya tak jantan,
atau anak yang di bawah umur.
Menangis itu béta pantangkan
biarpun bumi luluh dan hancur.
Mengapa béta sebengis ini?
Karena tak ada ‘kan jadi tangis;
Karena lah habis yang béta
tangisi.
Ah, selama hidup, béta
Menangis!
DI TENGAH SUNYI
Di tengah sunyi menderu rinduku,
seperti topan. Meranggutkan dahan,
mencabutkan akar, meranggutkan kembang kalbuku.
Di topan ini, berdiri bayangmu
seperti bulan. Menguatkan badan,
merenangi laut, menyampaikan hajat dadaku.
Tetapi Sari kekasih hatiku
kencana béta. Berikanlah béta
penjelangi maut; di sanalah puas hausku.
Disamar sadu, sawangan sukmaku
dilémpar Siti. Marilah Cinta
cendanai luka, peninggalan mata sembilu.
Sakinat*) tidak sekali berdiam
di dalam badan; mengenangkan hari
yang terluncur sudah, berpélangan sinaran nilam.
Meratap mat**), mengaling Zaman
diliput awan; ditabiri hari.
Fatha alkuhud mari, cabutkanlah sebal di dalam!
-------
*) keamanan sukma.
**) mat = maat.
DEWI ASMARA
Wahai kekasihku!
Entah di
mana béta melihat,
entah di
mimpi dalam beradu.
Tuan
terbayang seperti kilat,
kita
bertemu selintas lalu,
O, kekasihku!
Bila adindaku,
tuan
tersenyum? Mata cemerlang
memanah
jantung, membobos kalbu.
Darah
tersintak, seni tergoyang,
seperti béta
disiram madu,
O, kekasihku!
Di manakah tuan?
Béta
mencari, mengelana*) hati.
Tuan
lenyap, meninggalkan réwan.
Nyawa
meratap, merindu Déwi,
dipagut
gelap, diterbangkan awan.
Ah, kekasihku.
Aduh Déwiku,
Ke mana
jiwa ‘kan kurunut?
Panas dan
hangus dunia loka,
Lapar
dahaga di pasir laut,
Sunyi
sawangku meremas luka.
Ah, kencanaku!
O, mari kemari
Sukma
mendamba rupawan sahdu.
Melayang réwan,
merenung bayang.
Zahar**)
wayangmu di pelupuk rindu
ditutup
sabur, direbut sayang.
O, mari kemari.
Wahai adindaku,
Apakah
roman tuan sekarang.
Pelukis
ittisaf perkataan kurang,
tinggal
terbekam di angan-angan.
Tuan
menyuruh béta meréwang.
kekasihku.
---------
*) meréwang.
**) bersih.
ALAM
Alam!!!
Alangkah sebatnya suara ini,
dikeluhkan nyawa, kalbu nurani,
yang tengah berkhali menanti Zaman.
Alam, penuh oléh duri dustaan,
diliputi dosa, keganasan nafsu,
pertempuran dendam, marah dan sayu.
Alam, tempat bunga berkarang duri,
Gua godaan percintaan put’ri,
mengeluh, menangis, merindu cinta,
meratap, menggigir, kujur tiada berkata.
Alam!!!
Apakah gerangan kuasa engkau,
maka tiada tertinggalkan pulau
oleh sekalian manusia ini?
Adakah hidup di dunia fani
akan kekal berzaman Khulud*)?
makanya kita menaruh takut,
jikalau maut menjemput hartanya?
Apakah yang mengebat kita di dunya?
Rantai percintaan kepada,
atau ke anak, atau kepada kekasihmu?
Alam!!!
Apakah gerangan godaan kamu,
apakah juga yang mengebat kalbu,
tiadalah béta yang engkau paut!
O, Rabbi, kirimkan béta malaikat maut,
tuntutlah nyawa di muka saatnya.
Lah cukup berat béta derita,
lah bosan béta didera hidup,
‘kan senyum aku menempuh khulud.
………………………………………………………….
Sekiranya ada hati menyesal,
tak lain sebabnya, karena tangan tiada berbekal.
--------
*) abadi.
BERNASIB
I
Dari manakah datangnya
keluh yang pilu ‘tu,
seperti suara si sakit
mengadu dan mengeluh
di tengah malam?
Bagi bisikan biola,
rebab perinduku,
mengurut telinga yang lembut.
Mencicit dan menyunu
mendalam dalam.
Wahai marilah berlagu,
hati yang bersunyi.
Berilah berlidah jantungku
supaya nak bernyanyi,
merentang nalam.
Rebab memecah biola;
belah bak dikoyak,
rasanya hatiku yang penuh,
karena lah menyesak
rindu di dalam.
II
Kulémparkan rebab perintang hati.
Kulupakan luka
berdarah parah.
Kugelangkan gelak pembujuk kanti.
Kusenyumkan muka
berpayah-payah!
Sesungguhpun muka kubentang jernih,
kuhamparkan suka
berganti-ganti,
sekalipun béta berpakai bersih
menghamburkan mata
berseri-seri;
Siapakah konon menduga jantung
meratapkan rindu
pada adinda?
Meninggalkan kanda sepotong puntung,
dihanyutkan pilu
tidak bermadah!
Sekalipun kawan membawa bujuk,
menuangkan belas
ke badan tolan;
Pebiarlah paras bersinar sejuk
menyurukkan tadas
alasan sedan,
Seorang sulit mengira kusut,
yang mengacau dada
alam di dalam.
Suatu pun tidak madahan larut,
pendadungkan gundah
semalam-malam.
Kubuangkan baju penutup palsu.
Kucurahkan mata
berlinang-linang.
berlinang-linang.
Meniarap hulu ke pangku pilu
Kutangiskan kata
mengenang malang.
III
Béta bak bagai si burung Bayan,
ditilami kelam dalam terungku.
Merumuk mata menanti mantari.
Bila terbuka pembungkus
balam,
seketika sempat sayap
disuruh,
hilanglah akal
menyulingkan nyanyi.
Sekarang rantai pelenggu hati
kuputuskan sudah dari melilit,
kuputuskan sudah dari melilit,
memberi béta kesempatan tutur.
Sekarang baru kurasa mati
lidah-syair. Segan,
sendat, wah sulit
mencari madah melagukan
tutur!
Sekarang duduk merenung sunyi.
Menggenggami kalbu, – berombak sedih, –
di dalam kamar di lingkung duni.
Apakah akan jadinya diri?
Pebilakah maut mengobat
letih,
mengambil rindu,
menguburkan bunyi?
IV
Disawang sengit,
lengkungan biru, yang tiada cemar,
bergubal awan berbual-bual.
Berombak perak gubahan pawana,
putih pualam berarak-arak.
Di sana sayap
kenangan lama, yang hendak mengembang
menurut ujud, sinaran Surya,
membubung ujung tepian sujana,
memeluk Zohrat berkilau-kilau.
Di tanai tepi
bintaran bulan, yang terpinar perak,
di situ béta bermain-main,
memetik putik kesuma Asmara
putik pertama menjelang kembang
Kupinta pintu,
pembuka taman, yang belum ditempuh.
Belum dipijak, belum disabak.
Barulah berjalan berkawan,
lalu melintas di taman aman.
Kudengar debar,
di dalam dada, seperti desiran
cerécéh cinta; berbisik-bisik
Beriak ombak, simburan sungai,
gilang gemilang berpupur habrul.
Kulihat loka
bertabur makmur, yang diserai suka
pancaran surya, di dada tuan.
Cemaslah cita, melihat tekukur
terbang terkejut di sawang lapang,
terbang terkejut di sawang lapang,
Jemputlah jiwa,
yang sedang mawang,bak terkepai-kepai.
Lah haram alam. Tiada ertinya
Dunya ‘ni lagi, di mata béta!
Mengapa Puspa menghilang s’orang?
Mengapa dinda
meninggalkan sebal yang tidak layu?
Membiar béta meromok hati?
Sekarang sakit menempuh hidup!
Bak masak nyawa, ‘kan gugur k’kubur.
Tentang Roestam Effendi
Roestam Effendi lahir di Padang, pada 18 Mei 1902.
Meninggal di Jakarta, 24 Mei 1979. Menerbitkan kumpulan sajak Percikan
Permenungan (1926) dan drama sajak Bebasari (1926). Ia pergi ke Negeri Belanda. Menempuh ujian
untuk memperoleh hoofd-acte sebagai guru, tapi kemudian ditinggalkannya
dunia pendidikan untuk terjun ke dunia politik. Ia bergabung dengan partai yang
ketika itu paling keras menyuarakan agar Indonesia dibebaskan dari penjajahan
Belanda. Selama 13 tahun (1933-1946), ia duduk di parlemen Belanda (Tweede
Kamer). Tulis RE dalam surat kepada Ajip Rosidi: “…, saya meninggalkan lapangan
sastera di Indonesia karena didorong oleh daya revolusioner untuk memperjuangkan
kemerdekaan Nasional kita secara 'direct' dan 'actief' di
lapangan politik. Bukan untuk mendadakan diri, tetapi adalah suatu fact yang
nyata, bahwa dalam lapangan politik saya satu-satunya pejuang kemerdekaan
Indonesia, yang di zaman sebelum perang dapat mencapai tingkatan politik yang
tertinggi bagi seorang Indonesia, bukan dengan ambil-ambil muka atau
jilat-menjilat sebagai pejabat-pejabat tinggi bangsa kita dalam zaman kolonial,
tetapi dengan penentangan yang tangkas dan kekuatan revolusioner yang menjiwai
seluruh perbuatan saya di masa itu.Saya tidak perlu malu-malu mengatakan, bahwa
dari segala tokoh-tokoh kita yang memimpin Indonesia sekarang ini, malahan
sayalah yang paling radikal, dan paling kiri serta paling konsekwen
revolusioner, dengan bukti-buktinya yang nyata.//Sebagai anggota Parlemen
Belanda, yang terpilih langsung oleh rakyat Belanda, dan tidaklah ‘ditunjuk dan
diangkat oleh sesuatu hal’, berkali-kali dipilih selama 13 tahun lamanya
(1933-1946), dalam hakikatnya saya adalah calon minister di Belanda, yang lebih
tinggi kuasa kedudukannya dari seorang Gobnor-Jenderal Indonesia. Kesempatan
yang sedemikian berkali-kali ada buat saya, kalau saya waktu itu mau
meninggalkan sikap revolusioner saya sebagai seorang pejuang radikal-kiri.”
(hlm. 45). Surat bertanda, Jakarta, 18 Maret 1962. Paska kemerdekaan Indonesia
diproklamasikan, ternyata partainya tidak mendukungnya, karena menurut mereka
Soekarno dan Hatta dan orang-orang yang duduk di pemerintahannya adalah
orang-orang ‘borjuis’. Sebagai konsekuensinya, Roestam meninggalkan partai
tersebut berikut kedudukannya di parlemen dan pulang ke tanah air. (lihat hlm.
33)
Catatan Lain
Percikan Permenungan cetakan kedua, pengarang menulis
pengantar dengan penanda Jakarta, Mei 1953. Ia menulis: “Percikan
Permenungan lahir di Padang pada bulan Maret 1925, tidak beberapa lama
setelah Bebasari melihat penerbitnyaa. Kedua buku itu dikarang dan disusun
dalam saat dan suasana yang bersamaan….//Dalam lukisan tonil Bebasari
tegas dan keras terdengarnya jeritan merdeka, yang terbekam dan ditekan itu.
Keperwiraan dan ‘heroisme’ menjadi landasan penyulamannya. Tetapi si penjajah
tak mudah dipermainkan. Bebasari mendapat halangan dan ancaman.//Percikan
Permenungan terpaksa menukar kalam. Untuk mengelakkan delict yang
mengancam, diperpusatkan nalam kepada lagu Asmarandana, diselingi seloka Tanah
Air di sana sini. Suara merdeka didandani baju percintaan; ‘heroisme’
Bebasari menjelma menjadi ‘erotiek’ dan ‘romantiek’ dalam Percikan
Permenungan.
Terkait
hal di atas, mengutip surat Roestam Effendi kepada Ajip Rosidi, ada juga
ditulisnya: “Tidak seorang penerbit yang mau dan berani mengeluarkan buku-buku
saya itu, karena menganggap tulisan saya itu bukan ‘syair atau pantun yang dibiasakan orang’, melainkan ‘tulisan
anak muda yang kepedasan’ yang tak kenal haram! Mendobrak gerbang kelaziman
yang telah berurat-berakar dalam anggapan masyarakat memanglah tidak pekerjaan
yang mudah! Akhirnya saya terpaksa menerbitkan buku-buku tersebut atas ongkos
dan risiko sendiri! Secara financieel penerbitan buku-buku itu bagi saya
merupakan kata orang Belanda, suatu ‘strop’. Baiklah, itu tak apa. Yang
lebih menyedihkan lagi buku-buku tersebut tidak saja (tidak) dibeli orang,
malahan para guru dan ahli-ahli mengarang, yang pada masa dewasa ini bisa
dianggap sebagai pendukung-pendukung sastera kita yang saya beri persenan buku
Bebasari dan Percikan Permenungan secara gratis, rata-rata berpendapat bahwa
buku-buku saya itu adalah hasil dari ‘seorang kepala miring, yang mau berlagak
pandai mengarang syair’. Kebanyakan dari mereka melemparkan buku-buku saya itu
ke keranjang sampah, kalau tidak dikembalikan dengan secarik kertas penghinaan:
‘Terima kasih, tidak berkesempatan untuk membacanya!’ Sic!//Sementara
itu saya berangkat ke Eropah. Bebasari sebab dibeslah yang berkuasa, dan
Percikan Permenungan sebab tidak laku, maka kedua ‘persembahan saya ke
dalam perdupaan Bahasa Melayu’ tenggelam ke lautan kealpaan umum, hilang dari
mata perhatian orang banyak. Baru di tahun 1931 keluarlah ‘verslag tahunan’
dari ‘Volkslectuur’, bahwa Sanusi Pane, Moh. Yamin dan saya (di mana
nama saya malahan disebutkan nomor satu dari tiga serangkai ini!) dinilai
sebagai tokoh-tokoh pelopor utama dari perkembangan Sastera Indonesia baru.
Baru pada waktu itulah buku-buku saya ramai dicari khalayak ramai!”
puisi yang sungguh dalam sekali maknanya ...sehingga saya bisa lebih mempelajar tentang puisi ....terima kasih.
BalasHapus(Wisnu Murti,http://tulisandenpasar.blogspot.com)